Ketahui Bahaya Gendongan Bayi Hadap Depan

Ketahui Bahaya Gendongan Bayi Hadap Depan

DEMI memenuhi kebutuhan akan keingintahuannya, tak sedikit orangtua yang menggendong Si Kecil dengan gendongan bayi menghadap ke depan atau Front Facing Out (FFO).

Faktanya, menggendong bayi hadap depan dengan menggunakan gendongan bayi tidak disarankan sebelum bayi menunjukkan tanda kesiapan pada tubuhnya. Mengapa? 

  1. Tidak Menopang Kaki dengan Baik

Kaki bagian atas bayi harus ditarik ke atas setidaknya setinggi pinggul atau sedikit lebih tinggi. Namun, kondisi ini bisa dilakukan jika kain dalam gendongan bayi menutupi seluruh bagian belakang paha hingga belakang lututnya. Saat bayi menghadap ke depan dengan kaki tidak ditopang, bukan berarti kakinya hanya menggantung.

Namun, bagian tulang belakang dan pinggulnya juga tidak ditopang dan tidak ada tempat bagi bayi untuk duduk dengan posisi yang tepat. Studi dari International Hip Dysplasia Institute mengenai gendongan bayi mengatakan bahwa gendongan bayi yang menopang kaki bagian atas akan mendorong perkembangan pinggul yang tepat. Sementara itu, gendongan yang menghadap ke depan sangat tidak menopang pinggul. Bagi bayi yang sudah didiagnosis dengan displasia pinggul harus menghindari gendong hadap depan. 

BACA JUGA:

·  Pasien Covid-19 yang Bergejala Ringan, Sekda Kota Cirebon: Isoman Dirumah Saja

·  Hotline Layanan Telemedisin Gratis bagi Pasien Covid-19

  1. Tidak Begitu Baik untuk Punggung Ibu

Ternyata, jauh lebih sulit untuk membawa sesuatu yang membuat tubuh melengkung daripada sesuatu yang memeluk tubuh.  Ini berlaku untuk menggendong bayi menghadap ke depan. Posisi tersebut akan membuat ibu memiliki beban yang canggung dan sering kali akhirnya membuat ibu harus melengkungkan punggung untuk mengimbanginya. Lagipula, tubuh bayi secara alami disesuaikan untuk digendong menghadap ibu.

  1. Overstimulasi pada Bayi

Menggendong bayi menghadap ke wajah orangtua tidak membuat mereka kesulitan untuk melihat dunia sekitar sambil menerimanya dengan kecepatannya sendiri. Sangat mudah bagi bayi kecil merasa kelelahan, terlebih gendongan bayi hadap depan hanya menyediakan sedikit ruang untuk mengistirahatkan kepala dan otak mereka.

  1. Tidak Menopang Kepala atau Leher dengan Baik

Saat bayi tidur dalam gendongan, leher dan kepalanya perlu ditopang. Bayi yang digendong menghadap ke dalam dan memeluk ibunya akan alami bersandar di dada ibu. Jika mengenakan baby wrap, ibu dapat lebih menopang kepala berat si kecil dengan menyelipkannya sebagian di bawah kain. 

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

·  Pemkab Cirebon Distribusikan 10ribu Liter Minyak Goreng Bersubsidi

·  Kebijakan Prabu Siliwangi yang Ditiru Jokowi, Pindah Ibu Kota, Jalan Tol dan Bendungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: